Jul 31, 2020 / Uncategorized

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Anda!

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Anda!

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Anda!

Pernahkan Anda merasa telah memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk Customer Anda, tetapi Customer Anda tetap tidak puas? Anda juga merasa telah menginvestasikan banyak waktu, sumber daya, dan biaya untuk meningkatkan produk dan pelayanan Anda, tapi tetap saja umpan balik yang Anda dapatkan dari Customer hanyalah kritikan saja.

Ron Kauffman, salah satu pakar pendidik terkemuka tingkat dunia, dan motivator peningkatan layanan pelanggan dan pelayanan mengungkapkan 8 Tips untuk mengingkatkan kepuasan pelanggan Anda.

1. Bertanyalah !

Bertanyalah untuk mengetahui apa keinginan dari Customer Anda. Ada banyak media yang dapat Anda gunakan, mulai dari bertemu secara langsung, telepon, survey, dan bahkan maraknya media sosial yang ada saat ini, dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui apa keinginan Customer Anda

2. Lakukan Fokus Grup Diskusi

Anda dapat membuat satu sesi bincang-bincang dengan Customer Anda. Buatlah suasana yang santai, dan ajak mereka untuk menceritakan apa yang benar-benar mereka suka dari perusahaan Anda, apa yang mereka tidak suka, dan apa yang mereka harapkan dari perusahaan Anda, tapi belum dapat dipenuhi.

Jangan berdebat dengan Customer Anda, tapi terimalah seluruh masukan yang ada sebagai bagian peningkatan perusahaan Anda. Jangan lupa, ucapkan “Terima Kasih” kepada pelanggan yang telah berbagi dengan Anda

3. Pelajari Kritikan dan Pujian

Gunakan kritikan sebagai batu loncatan bagi perusahaan Anda untuk menciptakan ide yang baru dan aksi untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda.

Sementara banyak perusahaan yang sibuk mendengarkan kritikan saja, jangan lupakan pujian dari Customer Anda. Jadikan pujian tersebut sebagai petunjuk untuk memperkuat hal yang telah baik saat ini.

4. Buat Jalur Komunikasi yang memudahkan pelanggan

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, komunikasi menjadi salah satu kunci penting bagi perusahaan.

Buat sebanyak mungkin jalur komunikasi yang memudahkan pelanggan, gunakan media sosial, eMail untuk menampung masukan pelanggan, dan bila perlu line telepon khusus untuk pelanggan yang ingin memberi masukan tapi tidak ingin diketahui namanya. Gunakan media komunikasi apapun yang memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan pelanggan Anda.

5. Lakukan Mystery Shopping

Untuk bisa memuaskan Customer Anda, Anda harus tahu bagaimana mereka ingin dilayani. Dan satu-satunya cara untuk dapat mengetahuinya adalah Anda harus menjadi pelanggan itu sendiri.

Pada waktu tertentu, Anda dan tim dapat melakukan Mystery Shopping untuk mengetahui bagaimana perusahaan Anda melayani Customernya. Apabila Anda tidak ingin identitas Anda mudah terbongkar, carilah jasa Mystery Shopper!

6. Jadilah Pelanggan dari Kompetitor terbaik Anda

Belajar dari kompetitor adalah salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan Anda. Anda bisa mengetahui keunggulan dari kompetitor dan mengimplementasikan praktek-praktek yang baik di perusahaan Anda.

7. Kunjungi tempat pelanggan Anda

Cari tahu bagaimana Customer Anda menggunakan, menyimpan, dan atau menempatkan produk Anda. Cari tahu apakah ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu Customer Anda meningkatkan pelayanannya. Customer yang puas akan kembali membeli produk dan jasa Anda!

8. Gunakanlah Internet untuk mencari lebih banyak komentar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gunakan interet dan media sosial untuk lebih dekat dengan Customer Anda. Anda dapat menemukan ide dan informasi baru terkait produk dan jasa Anda.

Menciptakan hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah kunci untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Customer yang puas adalah iklan terbaik bagi perusahaan Anda.