Jan 01, 2022 / Uncategorized

PENTINGNYA PENERAPAN ISO SAAT RESESI

PENTINGNYA PENERAPAN ISO SAAT RESESI

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali mengingatkan akan kontraksi ekonomi di kuartal III-2020. Meski tidak sedalam kuartal II, tapi ia menilai masih terus diwaspadai.

“Kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2020 ini di kuartal kedua kemungkinan masih akan berlangsung, dari sisi kuartal ketiga meskipun suasana kuartal ketiga mungkin relatif lebih baik dari kuartal kedua tersebut,” ujarnya di Gedung DPR RI.

Bagaimana sektor Industri sperti perusahaan dapat bertahan di zona resesi  seperti ini ,  peningkatan Efisiensi dan Produktitas perusahaan menjadi kunci keluar dari resesi sehingga dapat terus berdaya saing.  efisien dan produktivitas tidak lah muncul begitu saja harus ada upaya untuk mencapainya ,  Penerapan Sistem  Manajemen  ISO adalah salah satu upaya  yang dapat dilakukan.

Dengan pendekatan PDCA ( Plan-Do-Check-Action)  merupakan Prinsip dari SMM-ISO berbasis penilaian resiko  merupakan pendekatan yang sangat baik sebagi upaya dalam menghadapi  Resesi seperti sekarang ini

Plan (P)

Identifikasi resiko yang berpengaruh dalam mengelola perusahaan dalam mencapai tujuan yang seperti, business growth , profit. Buat rencana unutk mengantipasi resiko yang terjadi

Do (D)

Eksekusi rencana kerja perusahaan yang telah di buat

Check (C)

Lakukan Evaluasi dan monitoring  efektivitas kegiatan yang telah dilaksanakan secara periodik semisal  Mingguan , Bulanan , Semesteran dll

Action (C)

Ambil tindakan untuk melakukan perbaikan jika diperlukan pada kegiatan yang perlu diimprove

Dengan menggulirkan prinsip PDCA ini, perusahaan akan terbebas dari dampak  Resesi Ekonomi

Banyak manfaat yang akan didapat jika perusahaan dalam menerapkan ISO  :

  1. Setiap Perusahaan maupun Organisasi yang telah mengimplentasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 berbeda dengan perusahaan atau organisasi yang belum mengimplentasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 dari kualitas produk, proses maupun layanan yang diberikan.
  2. Dapat meningkatkan efisiensi tingkat organisasi atau perusahaan.
  3. ISO 9001 merupakan standar internasional dan standar yang paling banyak di gunakan oleh banyak organisasi / perusahaan.
  4. Bagi organisasi yang telah mengimplentasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, juga memotivasi karyawan serta menciptakan budaya perbaikan secara berkelanjutan.
  5. Dapat meminimalisir pekerjaan yang berulang dan waste.
  6. Bagi organisasi yang telah mengimplentasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 dapat meningkatkan citra perusahaan dan mempunyai daya saing.
  7. ISO 9001 berdasarkan delapan prinsip manajemen mutu yang terkait dan Pendekatan proses.
  8. Bagi organisasi yang telah mengimplentasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 dapat meningkatkan Jaminan Kualitas Produk dan Proses.
  9. Dapat meningkatkan produktivitas organisasi.
  10. Bagi organisasi yang telah mengimplentasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  11. Dapat meningkatkan kinerja proses secara terus menerus.
  12. Bagi organisasi yang telah mengimplentasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 dapat meningkatkan peluang untuk masuk pasar global.
  13. Kinerja direview secara teratur dan fokus pada pencapaian target.
  14. Bagi organisasi yang telah mengimplentasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 dapat meningkatkan produktivitas perusahaan Untuk memastikan standar kerja pada perusahaan.
  15. Apabila ada pergantian karyawan proses tetap dapat berlanjut
  16. Dapat meningkatkan efisiensi pada level operasional
  17. Produktivitas yang tidak memenuhi standar mutu dapat diminimalkan dan tingkat kesalahan dapat dihindarkan.