Mar 22, 2019 / Uncategorized

Pentingnya Penerapan ISO di Perusahaan

Pentingnya Penerapan ISO di Perusahaan

Pentingnya Penerapan ISO di Perusahaan

Seringkali perusahaan ingin mendapatkan sertifikat untuk standar manajemen sistem ISO, meskipun sertifikasi ini bukan sebuah keharusan. Alasan umum sertifikasi itu karena ingin meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan. Mari kita bahas sedikit pentingnya ISO lebih lanjut.

Perusahaan mungkin memutuskan untuk melakukan sertifikasi karena berbagai alasan, seperti misalnya sertifikasi dapat menjadi persyaratan kontrak atau peraturan jual beli diperlukan untuk memenuhi preferensi pelanggan termasuk dalam konteks program manajemen risiko, dan membantu memotivasi staf dengan menetapkan tujuan yang jelas untuk pengembangan sistem manajemen, maupun untuk tender.

Perusahaan yang telah menerapkan ISO bisa menjaga konsistensi mutu produk/ jasa yang telah diklaim. Akhirnya dapat mengurangi komplain dari para pembeli ataupun pengguna jasanya. ISO juga menjadi alat pemasaran ataupun promosi dalam kegiatan bisnis, dan ikut meningkatkan image perusahaan . Perusahaan yang telah menerapkan ISO secara otomatis kredibilitas dan image perusahan semakin meningkat. Tidak hanya itu, perusahaan yang menerapkan ISO memperoleh manfaat eksternal berupa pengakuan dari masyarakat yaitu konsumen, reputasi perusahaan, dan peningkatan permintaan konsumen/pasar. Perusahaan yang menerapkan ISO juga memperoleh manfaat internal berupa peningkatan kesadaran mutu karyawan, peningkatan efisiensi operasi, dan pengurangan biaya (akibat produk gagal).