Apr 06, 2022 / Training

PENTINGNYA PELATIHAN & PENGEMBANGAN SDM DALAM PERUSAHAAN

PENTINGNYA PELATIHAN & PENGEMBANGAN SDM DALAM PERUSAHAAN

Pentingnya Pelatihan & Pengembangan Sdm Dalam Perusahaan – Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bagian penting dalam berdirinya sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung dari kinerja dan prestasi SDM tersebut dalam mencapai visi dan tujuan perusahaan.
Setiap perusahaan tentu memiliki visi dan tujuan yang hebat, Pelatihan dan Pengembangan SDM diperlukan agar terbentuknya kualitas SDM untuk mencapai visi dan tujuan tersebut..
Jim Collins dalam bukunya yang berjudul Good to Great pernah mengatakan, “Great Visions without Great People is Irrelevant”. Singkatnya dapat disimpulkan Relevansi antara SDM dan Visi yang hebat sangatlah penting bagi sebuah perusahaan, organisasi ataupun kelompok.
Dalam sebuah bisnis, pelatihan dan pengembangan SDM menjadi tugas dari Manajemen Sumber Daya Manusia. Setelah melalui tahapan seleksi dan penempatan SDM, pelatihan dan pengembangan SDM penting untuk dilaksanakan kemudian.
Terdapat Kompetensi yang seharusnya melekat pada SDM untuk memenuhi dan mengisi persyaratan suatu posisi pekerjaan. Secara umum kompetensi memiliki pengertian, suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas di bidang tertentu, sesuai dengan jabatan yang disandangnya.
Untuk mencapai pemenuhan Kompetensi dalam sebuah pekerjaan, menjadi penting juga menempatkan SDM yang tepat, pada waktu dan tempat yang tepat.

KAPAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM HARUS DILAKSANAKAN?
Pada dasarnya SDM atau karyawan yang sudah memiliki jabatan untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu, memiliki kemampuan yang perlu terus diasah. Perusahaan juga dapat melihat kinerja SDM nya melalui beberapa pengukuran kinerja.
Kinerja yang menghasilkan peningkatan produktivitas SDM yang bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan akan menjadi gagal ketika pelaksanaan pengembangan SDM tidak dilaksanakan.
Begitupun pelatihan didalamnya, SDM disiapkan untuk ditempatkan dalam sebuah pekerjaan ataupun sebagai tindak lanjut SDM tersebut harus berkembang dan mampu menyesuaikan tantangan perkembangan zaman.
Perusahaan yang abai dalam pelaksanaan pelatihan dan pengembangan SDM ini, akan mendapatkan beberapa kerugian dari timbulnya gejala-gejala yang dialami SDM, diantaranya:
a.    Kesalahan dalam bekerja mulai sulit diminimalisir.
b.    Kinerja dan produktivitas menurun
c.    Tidak siap menghadapi tantang baru dan penyesuaian kebutuhan perusahaan
d.    Integritas Loyalitas yang rendah terhadap perusahaan
e.    Tidak siap menuju jenjang karir berikutnya, untuk mengisi level jabatan berikutnya.