Apr 06, 2022 / Training

MEMAHAMI TRAINING NEED ANALYSIS (TNA) DALAM BISNIS

MEMAHAMI TRAINING NEED ANALYSIS (TNA) DALAM BISNIS

Memahami Training Need Analysis (TNA) dalam Bisnis – Adanya pengembangan dalam sebuah perusahaan tentu didukung dengan adanya SDM yang terlatih dan menguasai pekerjaannya. Tujuannya adalah untuk mencapai kinerja yang lebih baik dan terus pertumbuhan berkelanjutan agar tercapainya visi perusahaan.
Seringkali perusahaan mengalami kesulitan dalam memahami apa yang dibutuhkan oleh karyawannya. Melalui Training Need Analysis (TNA), perusahaan dapat memetakan pelatihan apa yang sesuai dan wajib bahkan dibutuhkan oleh karyawannya.
Noe, Hollenbeck, Gerhart & Wright (2003:251) mengemukakan pendapatnya, “training is a planned effort to facilitate the learning of job-related knowledge, skills, and behavior by employee”.
Dapat disimpulkan adanya kegiatan pelatihan merupakan suatu usaha yang terencana untuk memfasilitasi pembelajaran tentang pekerjaan yang berkaitan dengan pengetahuan, keahlian dan perilaku oleh para pegawai. Dalam hal ini bisa dikatakan, pengetahuan, keahlian dan perilaku adalah bagian dari kompetensi yang diperlukan SDM.

LALU BAGAIMANA CARA MEMAHAMI PENTINGNYA TRAINING NEED ANALYSIS?
Beberapa dasar yang menjadikan pelatihan itu harus dilakukan, diantaranya adalah memenuhi pengetahuan seorang karyawan, meningkatkan keahlian, dan memastikan perilaku SDM yang sesuai demi kemajuan perusahaan. Berikut cara memahami pentingnya training need analysis;
Mencapai Visi Perusahaan
Dalam mencapai visi perusahaan, kompetensi inti menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh karyawan. Melalui pemahaman terhadap visi perusahaan oleh masing-masing SDM, menjadikan adanya kesiapan dan komitmen untuk mencapainya.
Pelatihan yang dilakukan tentu harus berhubungan dengan nilai-nilai yang terkadung dalam visi perusahaan tersebut.
Prestasi Jabatan
Setiap jabatan memiliki persyaratan tanggung jawab dan tugas-tugas yang melekat untuk dipenuhi oleh setiap karyawan. Peningkatan prestasi SDM dalam menjabat suatu jabatan didukung dengan adanya pengetahuan, keahlian dan perilaku yang sesuai serta ditingkatkan untuk memenuhi persyaratan jabatan tersebut.
Pengembangan Individu
Baik itu soft skill maupun hard skills, pelatihan yang dilakukan agar mencapai adanya pengembangan individu karyawan perlu dilakukan.
Memahami analisa kebutuhan pelatihan menjadi penting, dengan mengenal dan memahami apa yang membuat individu karyawan dapat berkembang.
Training Need Analysis menjadi sangat penting dan perlu dipahami oleh para pimpinan maupun manajemen SDM. Kaitannya agar seluruh perbaikan dapat dilakukan dimulai dari menuju visi perusahaan, melalui peranan dalam jabatan, dan pengembangan karyawan dalam perusahaan.