Jan 01, 2022 / Uncategorized

MANFAAT PENERAPAN ISO UNTUK START UP

MANFAAT PENERAPAN ISO UNTUK START UP

Saat ini berkembang pesat perusahaan Start Up, namun apakah perusahaan Star Up ini akan berkembang atau hanya sekedar bertahan ?

Diperlukan suatu sistem manajemen yang bisa menjamin sustainable bisnis suatu perusahaan. Saat ini ada Sistem Manajemen yang sudah teruji di lebih 170 Negara dan Ada 2 juta perusahaan yang telah memetik manfaatnya. Sistem Manajemen itu dinamakan SMM ISO 9001-2015.

Begitu pula perusahaan star up perlu menerpakan SMM ISO ini Banyak manfaat yang akan didapatkan perusahan jika menerapkan ISO diantaranya

Manfaat Pendekatan Proses

Manfaat yang pertama dari  penerapan ISO 9001 adalah pendekatan proses yang lebih awal, namun lebih siap bagi bisnis yang sedang dijalankan. Produk dan layanan yang Anda berikan pada konsumen akan lebih konsisten. Dengan begitu, mudah bagi pebisnis untuk melakukan ekpansi bisnisnya.

Manfaat Model Plan, Do, Check, Act

Dasar dari suatu manajemen adalah plan, do, check, dimana pelaku startup bisnis akan mudah untuk membangun budaya perencanaan, pemantauan dan penyesuaian tindakan dari semua elemen yang terlibat dalam bisnis. Hal ini akan memberikan hasil maksimal dan mendorong penjualan untuk bisnis startup.

Manfaat Sikap Waspada Terhadap Risiko dan Peluang

Dengan penerapan standar ISO 9001, pebisnis start up juga dapat mengidentifikasi adanya risiko dalam bisnis sedini mungkin. Begitu juga dengan peluang bisnis, untuk kemajuan bisnis itu sendiri. Karyawan yang bekerja di bisnis Anda dengan ISO 9001, juga memiliki pandangan yang tajam mengenai adanya peluang dan risiko tersebut.

Manfaat Pengendalian Manajemen

Sering kita temui para pebisnis startup yang akhirnya harus membubarkan bisnisnya, karena tidak mampu mengendalikan bisnisnya di saat perubahan dalam atmosfer bisnis terjadi. Namun, dengan standar ISO 9001 ini, dapat membantu perusahaan startup sekalipun untuk mengendalikan, merencanakan dan mengambil tindakan dalam setiap kegiatan bisnisnya.

Manfaat Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Manfaat yang terakhir adalah untuk menetapkan tujuan dan sasaran dalam bisnis dengan mudah, untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan di awal menjalan bisnis startup. Selain itu, juga mempraktikan, meninjau dan melakukan tindakan terhadap tujuan dan hasil selanjutnya.