Apr 30, 2020 / Sertifikasi

Keuntungan Tersertifikasi ISO 9001:2015

Keuntungan Tersertifikasi ISO 9001:2015

ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) merupakan standar yang paling umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang tidak terhitung jumlahnya yang tersebar lebih dari 150 Negara di dunia. ISO 9001 berfokus kepada pelanggan. Mengatur proses bisnis perusahaan untuk selalu meningkatkan pelayanan agar mencapai kepuasan pelanggan.

Ditengah persaingan yang semakin ketat seperti saat ini perusahaan memerlukan ISO 9001 agar dapat mengukur kinerja perusahaan dan dapat dengan mudah melakukan perbaikan sehingga perusahaan akan terus berkembang. ISO 9001 sendiri menyediakan sistem manajemen dasar bagi perusahaan yang digunakan sebagai titik awal untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Dalam menjalankan ISO 9001 dibutuhkan keterlibatan dari seluruh anggota organisasi atau karyawan, termasuk didalamnya manajemen puncak. Manajemen puncak harus menetapkan dan mengkomunikasikan kebijakan-kebijakan serta sasaran yang ingin di capai. Dimana semuanya harus tertuang dalam dokumentasi sehingga dapat dijadikan pegangan dalam melaksanakan pengukuran kinerja perusahaan dan perbaikan yang berkesinambungan, agar tercapainya target dan sasaran yang ingin di capai.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) hanya di gunakan atau di adopsi oleh perusahaan atau organisasi besar, dan baru menerapka ISO 9001 ketika ingin mengikuti tender atau permintaan vendor. Namun pandangan seperti itu dirasa kurang tepat, ISO 9001 tidak melihat seberapa besar dan kecilnya perusahaan atau organisasi karena ISO 9001 sejatinya menyediakan sistem yang baik guna meningkatkan kinerja suatu perusahaan serta meningkatkan pertumbuhan bisnis. Jika bisnis ingin berkembang dan mempunyai pondasi sistem yang baik sehingga setiap proses bisnis bisa termonitoring dan terkendali maka menerapkan sistem manajemen ISO 9001 adalah jawabannya.

Perusahaan atau organisasi sebaiknya tidak hanya mengedepankan keuntungan materi semata, tetapi juga harus memiliki sistem manajemen yang baik guna keberlangsungan perusahaan tersebut.