Sep 04, 2020 / Uncategorized

FUNGSI MANAJEMEN DALAM PERUSAHAAN

FUNGSI MANAJEMEN DALAM PERUSAHAAN

Manajemen merupakan sebuah cara yang dilakukan sebuah organisasi, kelompok, perusahaan dengan bekerja sama untuk mengatur sesuatu hingga mencapai targetnya. Namun, apakah hanya itu fungsi manajemen ?

Dalam mengatur organisasi atau perusahaan agar berjalan sesuai dengan tujuannya, disinilah sebuah manajemen dibutuhkan, maka pengertian manajemen harusnya diketahui secara benar maksud dan tujuannya.

Jika ditinjau secara etimologi, kata manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno ‘Management’ yang artinya adalah seni dalam mengatur. Oleh sebab itu, fungsi manajemen juga dapat ditafsirkan sebagai upaya perencanaan yang melibatkan sumber daya secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Selain itu, pelaksanaannya juga dilakukan dengan mekanisme yang terorganisir. Step by step-nya juga dilakukan dengan sangat amat terukur hingga pencapaian target dapat diprediksi.

Lalu, untuk apa manajemen itu digunakan? Berikut 10 fungsi manajemen menurut para ahli:

Fungsi Perencanaan

Fungsi manajemen sebagai perencanaan, di mana pada tahap ini akan dilakukan pemilihan dan tujuan perusahaan. Ini kemudian dijadikan penentu dan sekaligus tolak ukur dari berbagai strategi kebijakan yang mencakup anggaran dan step by step yang perlu dilakukan.

Fungsi manajemen dalam perencanaan juga mencakup pada strategi bisnis perusahaan agar bisa mencapai tujuan dengan seefisien dan seefektif mungkin serta untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Perencanaan Pengorganisasian

Fungsi selanjutnnya yakni pengorganisasian dimana ada beberapa aspek yang saling berkaitan untuk mencapai target perusahaan seperti sumber daya dan kegiatan utama perusahaan, pengembangan organisasi serta kelompok kerja serta pembagian tanggungjawab kerja pada tiap-tiap divisi.

Pengorganisasian juga termasuk dalam strategi bisnis. Bukan hanya untuk eksternal, tetapi aspek internal juga harus dijaga dengan baik.

Penyusunan SDM

Manajemen juga berfungsi untuk penyusunan SDM (Sumber Daya Manusia) dimana dalam tahap pengembangan karyawan seperti rekruitmen. Selain itu, pemberian orientasi kepada karyawan juga dilakukan agar karyawan dapat bekerja secara produktif, profesional dan kreatif.

Fungsi Manajemen untuk Pengarahan

Fungsi lainnya adalah melakukan pengarahan dimana sebuah pengarahan dapat menentukan pekerjaan apa yang harus dilakukan, seperti prioritas apa saja yang harus dilakukan karyawan.

Pengawasan

Dalam fungsi manajemen lain adalah melakukan pengawasan yang merupakan tahap pengendalian dan penerapan cara dan strategi untuk menjamin rencana sesuai seperti apa yang sudah ditetapkan.

Koordinasi

Pengkoordinasian dilakukan dengan melakukan pertemuan terhadap orang yang terlibat dalam sebuah perusahaan. Koodinasi akan meminimalkan terjadinya persaingan-persaingan yang tidak sehat antara pekerja. Serta memberikan umpan balik terhadap sebuah pekerjaan.

Pelaporan

Segala kegiatan yang terjadi dalam perusahaan tidak akan memiliki arti apapun jika tidak direkam secara baik melalui sebuah laporan. Tahapan pelaporan ini juga berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan pekerjaan yang didukung dengan data-data yang ada.

Budgeting

Budgeting merupakan penetapan anggaran keuangan yang mempertimbangkan beberapa aspek seperti tujuan dan kebijakan perusahaan, data sebelumnya, perkembangan ekonomi, pengetahuan mengenai kompetitor dan kemungkinan perubahan kebijakan pemerintah.

Pemberi Intruksi

Tahapan ini berfungsi sebagai manajemen yang berkaitan dengan pembinaan, saran dan instruksi kepada bawahan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik agar sesuai dengan target yang ditetapkan perusahaan.

Memotivasi

Tahap motivasi adalah sebuah peran yang dilakukan atasan berbentuk penyemangat kepada karyawannya. Ini termasuk insentif-insentif atau bonus bagi karyawan yang bekerja dengan baik dan sesuai standar perusahaan.

Begitulah fungsi manajemen menurut para ahli. Bila anda masih mencari strategi bisnis yang baik untuk perusahaan . Cobalah untuk menjalankan fungsi manajemen yang sudah dijabarkan ini.