Oct 30, 2019 / Sertifikasi

Cara Membuat Tim ISO Bekerjasama Dengan Baik

Cara Membuat Tim ISO Bekerjasama Dengan Baik

Tim merupakan sekumpulan orang yang bekerjasama untuk melakukan suatu tujuan. Konsultan ISO biasanya akan menyarankan pembentukan sebuah tim jika manajemen perusahaan membutuhkan suatu kesepakatan bersama untuk menghadapi masalah atau problem ISO di perusahaan. Lalu bagaimana cara membuat kerjasama tim ISO? Berikut beberapa caranya!

-. Pilihlah Orang-orang yang Kredibel

Orang-orang yang kredibel di sini adalah orang-orang yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi. Karena ini merupakan sebuah tim, maka usahakan untuk mencari anggota yang ahli di bidangnya serta bertanggung jawab terhadap jobdesk yang dibagikan nantinya. Selain itu, pilih juga orang-orang yang dapat bekerjasama dan saling membantu sehingga waktu yang digunakan menjadi lebih efisien.

-. Tentukan Tujuan Kerja dengan Jelas

Sebelum tim dibentuk, Anda harus dapat menentukan tujuan kerja terlebih dahulu. Pekerjaan tim tidak akan berlangsung dengan lancar apabila visi misinya belum jelas. Jika Anda ingin membentuk sebuah tim ISO, maka pastikan tujuan kerja sejak awal, apakah ingin mengatasi permasalahan standar ISO di perusahaan, ataukah ada hal lain yang harus segera diselesaikan.

-. Pelatihan Anggota Tim

Salah satu penyebab kegagalan pada tim ISO adalah tidak adanya dukungan manajemen handal serta kualitas anggota yang rendah. Oleh karena itu, agar berbagai progress tim dapat terlaksana dengan baik, diperlukan pelatihan tim oleh pihak konsultan terlebih dahulu sehingga para anggota mengetahui dengan pasti apa yang menjadi permasalahan serta bagaimana cara mengatasinya.

-. Gunakan Jasa Konsultan

Untuk menyelesaikan permasalahan standarisasi di suatu perusahaan tidak bisa hanya diselesaikan dari pihak internal saja. Anda juga membutuhkan pihak eksternal seperti jasa konsultan ISO berpengalaman yang bisa memberikan saran dan masukan terhadap berbagai hal yang harus dikerjakan. Pihak konsultan juga dapat memberikan pengamatan secara objektif terkait permasalahan yang terjadi di perusahaan Anda.

Hadirnya masalah di suatu perusahaan memang tidak bisa dihindari. Namun dengan adanya dukungan dari tim yang cekatan dan profesional, maka bisa dipastikan penanganannya dapat terselesaikan dengan baik. Selain dukungan tim, bantuan jasa konsultan seperti Golden Consulting juga bisa menjadi faktor pendukung yang menentukan keberhasilan kerja tim.