Jun 30, 2020 / Sertifikasi

Apa itu GAP Analisis?

Apa itu GAP Analisis?

Apa itu GAP Analisis?

GAP analisis dalam bahasa umum sering juga dikenal dengan analisa kesenjangan.  Selain itu GAP analisis juga bisa diartikan sebagai suatu perbandingan antara kinerja aktual dan juga kinerja potensial.  Dengan kata lain GAP analisis merupakan suatu studi yang dibuat untuk mengidentifikasi apakah sistem yang berjalan di suatu perusahaan saat in sudah memenuhi kebutuhan atau belum.

Proses analisa ini biasa dilakukan untuk menentukan langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh untuk dapat berpindah dari kondisi yang tidak menguntungkan saat ini menuju ke kondisi yang diinginkan di masa depan. Ketika di dalam suatu bisnis terjadi suatu kondisi kesenjangan, maka analisis GAP berperan sebagai alat evaluasi yang menitikberatkan kesenjangan kinerja suatu perusahaan.

Komponen GAP sendiri terdiri dari 3 macam yaitu:

  • Daftar karakteristik dari situasi saat ini
  • Daftar hal-hal yang diperlukan di masa mendatang untuk memenuhi tujuan
  • Daftar hal-hal yang menyebabkan kesenjangan

Pemanfaatan GAP Analisis

Dalam dunia bisnis, analisa GAP biasa digunakan untuk mengidentifikasi setiap tindakan yang harus dilakukan agar bisa mengurangi kondisi yang tidak menguntungkan pada saat ini. Selain itu, dengan analisis ini, Anda juga bisa memperkirakan berapa waktu, biaya dan juga sumberdaya yang diperlukan agar perusahaan bisa mencapai keadaan stabil yang diharapkan di masa mendatang.

Langkah-langkah GAP Analisis

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat, lalu bagaimana langkah-langkah dalam melakukan GAP analisis? Inilah tahap-tahapannya

  • Ranking Requirements (pemastian proses serta area penting organisasi)
  • Degree of Fit (penentuan kapasitas pemenuhan baru)
  • Gap Resolution (penentuan solusi untuk mengatasi gap atau masalah)

Agar proses analisis dapat berlangsung dengan lancar dan sesuai, maka tahap-tahap ini tidak boleh terlewatkan. Selain menggunakan metode GAP analisis, Anda juga bisa memperkecil berbagai kondisi yang tidak menguntungkan di suatu perusahaan dengan menyewa sebuah jasa konsultan.

Dengan bantuan jasa konsultan seperti Golden Consulting, proses identifikasi permasalahan suatu perusahaan bisa diidentifikasi dengan lebih mudah. Anda juga bisa mengkonsultasikan langkah-langkah tepat apa yang bisa dilakukan untuk mengembalikan keadaan perusahaan agar menjadi lebih baik lagi.