Apr 06, 2022 / Sertifikasi

4 Manfaat Melakukan Konsultasi Sebelum Mengurus Sertifikat ISO

4 Manfaat Melakukan Konsultasi Sebelum Mengurus Sertifikat ISO

1. Mengetahui Lebih Baik Kebutuhan Perusahaan

Ya, ini yang paling mendasar. Sertifikat ISO ini ada kategori bidangnya. Tidak semua sertifikat di butuhkan oleh perusahaan Anda. Kecuali untuk manajemen mutu dan kualitas ISO 9001 yang mencakup keseluruhan. Selebihnya di khususkan dengan bidang perusahaan. Semisal Anda bergerak di industri bisnis makanan dan olahan pangan maka akan memerlukan ISO 22000. Sedangkan untuk perusahaan yang berkaitan dengan IoT dan teknologi, sudah pasti lebih relevan untuk menerapkan dan memegang ISO 27001.

Lihat ada banyak sekali jenis sertifikat ISO, jadi kemungkinan memang harus konsultasi dulu kepada ahlinya agar mengetahui sertifikat seperti apa yang Anda butuhkan. Jangan sampai perusahaan pangan malah mengurus ISO 27001 tentu tidak relevan dan kurang efektif.

2. Memahami Kegunaan dan Fungsi ISO Dengan Tepat

Selain beda kategori dan jenisnya, sertifikat ISO ini juga berbeda fungsinya. Dengan melakukan konsultasi bersama tenaga profesional. Maka, Anda sendiri bisa mengetahui fungsi dari penerapan sistem yang ada. Sebagai contoh ISO 27001 berfungsi untuk memastikan semua data baik internal atau eksternal terjaga dan aman dari serangan hack atau malware berbahaya. Dengan menerapan serangkaian  metode pencegahan.

Perusahaan yang membutuhkan sertifikat ini cenderung bergerak di bidang IT, teknologi, penjualan software bisnis, dan sebagainya. Target klien dan pelanggan dari kalangan milenial yang memahami segmen pemanfaatan teknologi.

3. Penerapan Sistem Lebih Efisien

Sertifikat ISO ini di dapatkan setelah perusahaan mampu memenuhi beberapa ketentuan yang sudah di arahkan langsung oleh konsultan. Ketika Anda melakukan konsultasi maka bisa menanyakan secara langsung kira-kira regulasi seperti apa yang perlu di ubah. Karena selama proses penyesuaian di pantau dengan baik, maka pelaksanaannya pun jauh lebih efisien di bandingkan melakukannya sendiri tanpa bantuan konsultan.

Cukup menarik bukan? Melalui komunikasi yang baik Anda bisa mendapatkan berbagai macam keuntungn yang tidak terduga.

4. Jaminan Lulus Audit

Karena Anda mau mengikuti arahan dan panduan yang di sampaikan oleh konsultan, maka jaminan lulus audit lebih besar. Konsultan mempunyai peran yang penting untuk membuat perusahaan Anda sesuai dengan standar sertifikasi. Ini cukup logis, jika Anda enggan melakukan konsultasi, bagaimana penyedia layanan bisa memberikan solusi kepada Anda?

Oleh karena itu, mulai hari ini konsultasikan urusan pembuatan sertifikat ISO Anda bersama orang  yang profesional.

 

Kesimpulan

Dari empat poin yang sudah Kami sampaikan di atas, bisa di pahami bahwa proses konsultasi bersama konsultan ISO sangatlah penting. Sudah semestinya sebagai pengguna layanan Anda mampu menggunakan layanan yang di sediakan dengan sebaik-baiknya. Meskipun hanya sekadar tanya jawab, namun bagi yang masih awam di dunia sertifikasi maka ini adalah sesuatu yang sangat penting. Jangan sampai Anda salah urus sertifikat ISO karena tidak melakukan konsultasi terlebih dahulu.